Sabtu, 03 Januari 2009

Keterbukaan adalah Awal dari Pemulihan


Malam Tahun Baru kemarin benar2 merupakan malam pemulihan buat keluargaku. Kami lebih memilih waktu untuk berdoa sendiri di rumah sekaligus menyongsong Tahun Baru. Biasanya kami berkumpul di gereja dan berdoa bersama-sama. Acara sangat sederhana, yaitu menyembah Tuhan, menaikkan pujian, berdoa dan firman. Acara ini tidak terencanakan dan tidak ada susunan acara, kami semua mengalir begitu saja. Kebetulan aku yang menyampaikan firman Tuhan. Ndak ada persiapan juga, bahkan baru diingetin untuk buka 1 Kor 10:13 dan Yak 5:16. 1 Kor 10:13 berisi tentang "pecobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa, yang tidak melampaui kekuatan kita". Ayat ini benar2 memberkati kami ketika tahun 2008 kemarin keluarga kami dalam masa pencobaan, dimana Ayah mengalami kecelakaan mobil yang mengakibatkan kebutaan. Dari sini kami mulai percaya bahwa Tuhan mengijinkan semua ini terjadi, dan Dia punya rencana yang indah dalam keluarga kami. Tahun 2008 adalah perjuangan "iman" buat kami sekeluarga. Kami harus tetap mempercayai dan mengasihi Tuhan apapun yang sudah terjadi. Ayat ini menyebutkan juga bahwa Tuhan akan menyediakan jalan keluar.

Jalan keluar berarti ada "pintu" yang harus dibuka, dan ada "kunci" untuk membuka pintu itu. Yak 5:16 adalah "kunci" yang Tuhan mau untuk keluarga kami. Ayat ini menjelaskan "kalau kita saling mengaku dosa (keterbukaan) dan saling mendoakan, maka Allah akan menyembuhkan (pemulihan). Firman Tuhan di ayat ini membuat kami sadar, bahwa inilah saatnya dosa harus ditelanjangi, sehingga pemulihan itu benar2 terjadi! Kami satu2 secara bergantian bercerita, terbuka dan mengaku dosa selama tahun 2008. Roh Kudus membuat kami menangis dan saling mengampuni. Dari sini kami mulai sepakat untuk tahun 2009 kami benar2 harus "berubah"!!
Ada tiga hal yang kami sepakati untuk perubahan:
1. Mezbah Keluarga
2. Care
3. Membagi hidup buat orang lain
Kami mulai belajar dan setia untuk setiap pagi menyediakan waktu buat Tuhan. Dan kami datang dihadapan Tuhan bukan supaya Ayah sembuh, tetapi karena kami benar2 "mengasihi TUHAN". Lakukan bagian kita maka ALLAh akan melakukan bagianNya..

Tuhan Yesus Memberkati…

2 komentar:

  1. Salut deh untuk 3 point perubahan yg diinginkan di th 2009 ini! Let's make a better life and be a better person. Tuhan memberkati..

    BalasHapus
  2. Trims utk teladannya! Aku sudah buat tulisan utk di-link ke tulisanmu ini tapi blm bs ngelink... hehe.. anak baru jg di blog sih.

    BalasHapus