Minggu, 04 Januari 2009

Mengatasi Masalah..

Suatu hari salah satu sahabat saya bercerita, "Rasanya aku udah bosen banget sama hidupku, pengen lari dari semua masalah. Rasanya udah ndak kuat lagi, udah ndak punya gairah hidup, pengen menghilang & cari sesuatu yang bisa kasih aku ketenangan". Yang buat aku kaget dia sempet bilang, "Enakan kamu, masalah kamu kan lebih kecil dari masalahku!"
Seringkali kita membanding-bandingkan masalah kita dengan orang lain. Masalah yang kita hadapi seolah-olah lebih besar dari masalah orang lain. Dengan kita ngomong "Masalahku lebih gedhe lho!", apakah orang lain akan bersimpati terhadap kita??

Besar kecilnya masalah yang kita hadapi sebenarnya tergantung dari respon kita. Respon bagaimana menerima masalah itu, mengartikan, dan bertindak. Kalau kita pernah berkata, "Waduh..tugas kuliah banyak, belum bayar kuliah & kos, bokap nyokap lagi ribut, diputusin pacar dan utang ke temen belum bisa bayar!", bagaimana dengan anak gelandangan yang dibawah jembatan, yang ndak punya duit, ortu udah ndak tau kemana, besok makan apa, dapet duit dari mana, malem ini tidur dimana, dan bahkan masa depan depannya ndak tau bagaimana?"..

Jadi.. Berbahagialah kita dengan masalah kita, karena sebenarnya masih ada yang lebih berat dari masalah yang kita hadapi. Respon yang bisa dilakukan dalam menghadapi masalah adalah:
1.Thanks God (bersyukur), masalah membawa kita untuk lebih mengerti rencana Tuhan.
2.Positive Thinking (berpikir positif), masalah yang kita hadapi pasti akan membawa kepada kebaikan.
3.Faith (keyakinan), percaya bahwa kita bisa menghadapinya.

"Tuhan gak pernah kasih masalah yang melampaui batas kekuatan kita
"

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Baca tanggapanku di blogku ya... http://dekabright.blogspot.com (Mengatasi Masalah tanpa Masalah dalam Tuhan). TQ 4 sharing this topic!

    BalasHapus